CATATAN JURI LOMBA RESENSI BUKU KOMUNLIS



(PERIODE 15 SEPTEMBER – 15 OKTOBER 2013)

            Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Komunlis karena saya sudah dipercaya sebagai juri lomba rensensi ini dan berkesempatan untuk membaca karya teman-teman yang  membuat saya kagum dan juga membingungkan sayasulit menentukan tiga terbaik karena semua pantas  bisa jadi juara.
            Setelah membaca berulang-ulang dan pilihan ditetapkan. Sekarang waktunya untuk saya memberikan alasan kenapa tiga resensi tersebut layak menjadi juara.
Resensi Saman dari Retno Fitriani berada di posisi tiga, memliki kelebihan dicara penuturannya yang singkat dan lugas tapi tidak mengurangi informasi dari buku yang diresensi bahkan masih memiliki ruang untuk membahas prestasi buku dan si penulis.
Resensi Berani Gagal dari Sajidin yang merupakan buku motivasi membuat saya tertarik dengan menampilkan beberapa kutipan penting dari dalam buku dan tak lupa menyertakan kekurangan, kelebihan, dan manfaat buku.
Dan untuk juara pertama resensi yang berjudul Mitos, Lokalitas, dan Metafora dalam Laki-laki Pemanggul Goni dari Joko Rehutomo menurut saya sangat layak menjadi juara pertama karena memiliki kriteria penulisan resensi yang baik. Sebagai seorang reviewer mas Joko mengajak para pembaca resensinya melihat si buku dengan sudut pandangnya yang disajikan secara menarik. Sulit untuk tak tergoda dengan teaser cerpen demi cerpen yang dituliskan dalam resensinya. Tak lupa memberi pendapat pribadinya dengan alasan yang tepat (Dalam buku kumpulan cerpen ini, kurang tepat bila disebut menggambarkan potret Indonesia secara mutlak. Buktinya terselip dua cerpen yang berlatar Luar Negeri) yang tak kalah penting melalui resensinya reviewer mengajak pembaca untuk memahami pesan yang disampaikan penulis alih-alih menghakimi.
Akhir kata, sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan selamat kepada para pemenang, tetap semangat menulis dan membaca. Mengutip dari Francois Bacon, Membaca menjadikan seorang berisi, berunding menjadikan dia siapa dan menulis menjadikan ia seksama. Semoga Komunlis akan tetap menjadi wadah kita semua untuk berbagi bahan bacaan, berdiskusi dan berbagi pengalaman menulis. Salam literasi para sahabat.

Citra Rizcha Maya

Komentar

Postingan Populer